TUGAS
HUBUNGAN MASYARAKAT
Untuk
Memenuhi Tugas Terstruktur Dari Mata Kuliah Hubungan Masyarakat
OLEH :
Noviana
Maharani 098554206
Nina
Ekawati 098554218
Lily
Septia Ekawati 098554221
Yenta
Cholilah 098554234
PE ADPER 09 B
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS
EKONOMI
JURUSAN
S1 PENDIDIKAN EKONOMI
PRODI
ADMINISTRASI PERKANTORAN
2011
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT atas segala
limpahan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini.
Kami berupaya menyusun Makalah ini sebaik mungkin agar mudah dipahami isinya.
Makalah ini
disusun untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Hubungan Masyarakat yaitu Ibu I.G.A Ajunitya S.E
M.Si Universitas Negeri Surabaya.
Semoga
Makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kami menyadari bahwa makalah
yang telah saya buat masih jauh dari sempurna.Oleh sebab itu kritik dan saran
yang membangun sangat kami harapkan.
Akhirnya kami ucapkan terima kasih
kepada ibu guru pendamping SMK Wijaya Putra beserta dosen pembimbing yang bersedia
membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR………………………………………………………………i
DAFTAR
ISI…………………………………………………………………………ii
BAB
I PENDAHULUAN
- Latar
Belakang………………………………………………………………….1
- Rumusan
Masalah………………………………………………………………2
- Tujuan…………………………………………………………………………..2
BAB
II PEMBAHASAN……………………………………………………………..3
BAB
III PENUTUP
- Simpulan………………………………………………………………………12
Saran…………………………………………………………………………..
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah suatu
hal yang sangat diperlukan bagi semua anak-anak bangsa untuk mencapai cita-cita
bangsa indonesia yaitu memajukan kesejahteraan rakyat. Untuk mencapai cita-cita
dari tahun ketahun dibutuhkan adanya kualitas para penerus bangsa yang baik dan
bertanggung jawab. Pendidikan bisa ditempuh melalui pendidikan formal ( wajib
belajar 12 tahun ) dan pendidikan informal. Pendidikan formal dilakukan di
sekolah di tingkat Taman Kanak – Kanak,
Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas. Sedangkan
pendididikan informal dilakukan di lembaga bimbingan belajar dan home
schooling. Saat ini, banyak konflik di bidang pendidikan salah satunya adalah
guru yang mengajar di sekolah tidak sesuai dengan ijazah S1 yang telah
ditempuhnya sehingga nantinya akan berdampak pada peserta didik yang diajarnya.
Oleh karena itu, pemerintah perlu menindaklanjuti adanya konflik ini dengan
memberikan kualitas guru yang benar – benar sesuai dengan bidang pendidikan
pada berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah
Menengah Atas.
Pendidikan tingkat Sekolah Menengah
Kejuruan merupakan jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di
Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama ( atau sederajat ). Sekolah
Menengah Kejuruan ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai
kelas 12. Lulusan SMK dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi atau
langsung bekerja. Pelajar SMK umumnya berusia 16-18 tahun.
RUMUSAN MASALAH
Bagaimana
pencitraan di Sekolah Menengah Kejuruan Wijaya Putra?
TUJUAN
Untuk
mengetahui pencitraan di Sekolah Menengah Kejuruan Wijaya Putra.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
GAMBARAN
UMUM SEKOLAH
SMK Wijaya
Putra merupakan sekolah menengah kejuruan yang telah terakreditasi A. Dengan
berbagai teknologi multimedia di sekolah tersebut menjadikan sekolah ini memprioritaskan
teknlogi IT sebagai penunjang belajar siswa. Pendidikan pada era informasi
adalah pendidikan berbasis teknologi komunikasi dan informasi. Pendidikan
berbasis ICT ditandai dengan dimanfaatkannya banyak teknologi informasi dan
komunikasi dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuknya yang nyata adalah
berkembangnya pembelajaran melalui e-learning atau online course.
SMK Wijaya Putra ini berlokasi di Jl. Raya
Benowo 1 - 3 Surabaya - Jawa Timur, Telepon: +62-031-7404404, 7413061, Fax: +
62-031-7458343, 7404405, Email: smk.wijayaputra@yahoo.com, Web: www.smkwijayaputra.sch.id.
Sebagai
lembaga yang berkualitas, SMK Wijaya Putra berusaha menciptakan kultur sekolah
yang kondusif sehingga semua komponen sekolah termotivasi untuk berkolaborasi
mengembangkan budaya belajar dan layanan akademik yang baik.
Pada tahun akademik 2011/2012 SMK Wijaya Putra memberi kesempatan kepada
siswa tamatan/lulusan SMP tahun 2011 untuk menjadi siswa SMK Wijaya Putra
melalui seleksi.
Pada tahun pelajaran 2011/2012 SMK Wijaya Putra menggunakan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan untuk kelas X, XI, dan XII, yang mengacu pada
Kurikulum 2004 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
2.
VISI
DAN MISI SEKOLAH
Visi :
Terwujudnya Siswa Yang Cerdas, Terampil, Berbudi Pekerti Luhur dan
Berwawasan Internasional
" To be Formed Smart, Competent and Good Behaviour Students
"
Misi :
- Mengembangkan
organisasi dan manajemen.
- Mengembangkan
kurikulum, KBM, dan sistem evaluasi.
- Mengembangkan
ketenagaan kompeten dan berwawasan internasional.
- Mengembangkan
fasilitas / sarana pendidikan yang bertaraf internasional.
- Mengembangkan
pembinaan kesiswaan.
- Mengembangkan
lingkungan pendidikan.
- Mengembangkan
hubungan kerja sama industri lokal maupun global.
- Mengembangkan
unit produksi
3.
TUJUAN
SEKOLAH
·
Tahun 2010 siswa memiliki kompetensi
penguasaan konsep untuk seluruh mata pelajaran secara komprehensif dan benar
sehingga mampu berkompetisi ditingkat nasional.
·
Tahun 2010 siswa mampu menggunakan
Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih
luas.
·
Tahun 2010 siswa mampu membangun
kebiasaan yang aktif untuk mencari informasi menggunakan teknologi informasi.
·
Tahun 2010 sekolah memiliki sarana dan
prasarana penunjang PBM yang lengkap.
·
Tahun 2010 sekolah memiliki guru dan
tenaga pendukung yang handal untuk mendukung seluruh manajemen sekolah.
·
Sekolah memiliki hubungan kemitraan yang
baik dengan seluruh warga sekolah, stake holders dan instansi serta
institusi pendukung pendidikan lainnya.
·
Siswa memiliki, mengaplikasikan dan
meningkatkan nilai-nilai ketuhanan serta nilai-nilai kehidupan yang bersifat
universal dalam kehidupannya
4.
PROGRAM
KEAHLIAN
AKUNTANSI
·
Menyusun
laporan keuangan
·
Melakukan
entry data
·
Melakukan
pembukuan
·
Melakukan
administrasi perkantoran
·
Melakukan
perpajakan
TEKNIK
KENDARAAN RINGAN
·
Tune
up
·
Over
houl
·
Kelistrikan
motor & mobil
·
Perawatan
& perbaikan body mobil
·
Sistem
EFI
MULTI
MEDIA
·
Design
grafis
·
Animasi
2 dimensi
·
Web
designer
·
Database
Php & MySql
·
Editing
Audio
·
Editing
Video
·
Animasi
3 dimensi
·
Effect
video professional
5.
PRAKERIN
DAFTAR TEMPAT PRAKTIK
KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN ) :
AKUNTANSI
·
PT.
Indoprima Engineering
·
PT.
MCI Prima Gasket
·
PT.
Indowire Prima Industrindo
·
PT.
Matahari Sakti
·
PT.
Pelindo III
·
Dinas
Kebudayaan dan Pariwisata
·
Ditjen
Bea Cukai
·
Kantor
Pajak "Dorando"
·
Badan
Pertanahan Nasional
·
Universitas
Wijaya Putra
MULTIMEDIA
·
Hi-Tech
Mall ( R. Workshop )
·
Akeno
Digital Printing
·
Neo
Imago Digital Printing
·
Indo
Grafika
·
Majalah
Mentari
·
Majalah
Posmo
·
Matahati
Advertising
·
Unique
Pixel
·
Nusantara
Advertising
·
Studio
Graph
TEKNIK
KENDARAAN RINGAN
- PT. Toyota Astra, Tbk.
- PT. Indomobil
- PT. Astra Internasional,
Tbk.
- PT. Eldimo Prima
- PT. Con Blok Astra "
Daihatsu "
- PT. Utomo Motor Honda
- AHASS Honda Motor
6.
GREEN
AND CLEAR
Program
Green and clean ini merupakan program rintisan. Sebagai bagian upaya
penghijauan dan kebesihan di Kota Surabaya. "Rencananya program green and
clean akan dilaksanakan di kantor-kantor hingga kampung. Sekarang ini banyak
yang usul supaya green and clean dilaksanakan di kantor-kantor pemerintah serta
di sekolah-sekolah.” Untuk itu SMK Wijaya Putra Surabaya juga turut berperan
serta melaksanakan program green and clean ini baik di lingkungan intern
sekolah maupun ekstern sekolah. Secara intern SMK Wijaya Putra Surabaya
melakukannya di hari Jum\'at dengan memberikan motivasi kepada siswa baik
secara kelompok maupun perkelas yang dibimbing oleh seorang guru yang bertindak
sebagai wali kelas untuk mengadakan sebuah proyek green and clean yang
dipadukan dengan penilaian dengan menggunakan program pendidikan budi pekerti
untuk membelajarkan ke siswa bagaimana cara bekerjasama dengan teman, bersosialisasi,
peduli sesama, berdisplin, bertanggung jawab, sadar akan kebersihan lingkungan
dan keindahannya. Sedangkan secara ekstern siswa diajak oleh wali kelas untuk
melakukan kegiatan bakti sosial dengan melakukan penanaman seribu pohon ataupun
bekerjasama dengan pihak tertentu untuk melakukan kegiatan yang bertujuan untuk
menjaga dan melestarikan lingkungan.
7.
PENDIDIKAN
BUDI PEKERTI
Program Pendidikan Budi Pekerti yang dikembangkan oleh : Prof. H. Saleh Soegiyanto, M.Sc.,
Ph.D dan Dr. H. Indra Prasetyo, MM. yang dilaksanakan
di lingkungan sekolah SMK Wijaya Putra Surabaya berlatar belakang dari faktor
utama penyebab keterpurukan ekonomi bangsa Indonesia yaitu banyak pemimpin yang
tidak jujur, lebih mementingkan diri sendiri dari pada rakyat yang dipimpinnya.
Banyak pemimpin yang pintar, tetapi sedikit yang jujur dan bertanggung jawab,
serta perlunya dirancang penyelenggaraan pendidikan yang seimbang antara aspek
intelektual dan aspek budi pekerti.
Apa itu Pendidikan Budi Pekerti ...?
Pendidikan Budi Pekerti adalah : “ Learning about shared beliefs and values, Moral issues in daily
interactions, Instruction, Curriculum and assessment based on core values “ Character
Education Development Center of Florida State University, Tallahassee, Florida,
2003. Pendidikan Budi Pekerti adalah gerakan untuk menciptakan sekolah
yang mampu membentuk etika, tanggungjawab, dan kepedulian peserta didik dengan
cara pemberian contoh dan pengajaran sikap yang dapat diterima secara
universal. Pendidikan Budi Pekerti bukanlah suatu pekerjaan yang langsung jadi.
Pendidikan Budi Pekerti merupakan proses berkelanjutan bagi anak didik oleh
seluruh komponen mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat.
Mengapa kita membutuhkan Pendidikan Budi
Pekerti...?
Pendidikan memiliki dua tujuan: menjadikan anak didik
memiliki pengetahuan dan menjadi baik. Untuk dapat memenuhi kedua tujuan
tersebut, selain diberikan pendidikan akademik juga dibutuhkan pendidikan budi
pekerti sebagai landasan pengembangan diri dan landasan dalam berhubungan dengan
orang lain sesuai dengan prinsip-prinsip kehidupan yang dapat diterima
masyarakat.
Apa sasaran dari Pendidikan Budi Pekerti...?
- Mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang
berkontribusi dalam pengembangan Budi Pekerti mereka seperti jujur,
perhatian, bertanggung jawab
- Memahami tradisi keluarga dan mengetahui
nilai-nilai yang dapat meningkatkan kebersamaan dalam keluarga seperti:
cinta, perhatian, bertanggung jawab pada setiap anggota keluarga, hormat
pada setiap anggota keluarga dan menjunjung nama keluarga
- Memahami prinsip-prinsip kerjasama dan mampu
bekerja sama dengan baik di sekolah dan lingkungannya.
- Memahami beberapa hal yang penting dalam sebuah
komunitas dan dapat berkontribuasi pada komunitas.
- Memahami perbedaan suku, agama dan ras.
- Perhatian pada nilai-nilai sebagai warga negara
yang baik.
Perlu adanya nilai-nilai (pilar) dalam pendidikan budi
pekerti yang menjadi dasar pemahaman dan pengembangan serta dasar tindakan
seluruh komponen sekolah yaitu:
- Dapat dipercaya
- Bertanggung jawab
- Menghormati
- Fairness
- Peduli
- Warga yang baik
Penilaian dan Evaluasi
Sebagai sarana pengembangan Budi Pekerti siswa/peserta
didik, sekolah perlu untuk menilai seberapa banyak dan seberapa baik
siswa/peserta didik melakukan tindakan tindakan yang ditetapkan dalam program
pendidikan budi pekerti yang diberikan. Untuk mengukur tingkat keberhasilan
pendidikan budi pekerti siswa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:
- Pengamatan perilaku.
- Respon personal dan penyelesaian proyek proyek
kelompok baik di dalam maupun diluar kelas
Kegiatan-kegiatan
sederhana yang dapat merefleksikan pemahaman siswa/peserta didik pada
prinsip-prinsip yang diajarkan melalui perilaku.
8.
EKSTRAKURIKULER
SEKOLAH
Kualitas tamatan sekolah kejuruan dituntut untuk memenuhi standar
kompetensi dunia kerja. Salah satunya, selain mampu menguasai materi
pelajaran, siswa harus dapat berinteraksi dan aktif dalam hubungan sosial.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan
siswa pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri
dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran.
Berangkat dari pemikiran tersebut, di SMK WIJAYA PUTRA diselen
ggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah,
kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar